PROPOSAL USAHA SEMPOL AYAM

~ PENDAHULUAN ~

1. LATAR BELAKANG

      Sempol menjadi salah satu makanan yang belakangan ini populer ditengah masyarakat. Sempol dibuat menggunakan campuran gilingan daging ayam. Sempol memiliki citra rasa yang enak sehingga banyak disukai oleh segala usia. Penyajian makanan ini ditemani dengan cocolan saus sambal sesuai selera.

2. STRUKTUR ORGANISASI 

     • Pemilik usaha : Iputu wira prastia dinata

     • Nama usaha : sempol ayam wra

     • Lokasi usaha : br.pangkung gayung,ds.pangkung                  gayung,kec.negara

     • Bagian produksi : Iputu wira prastia dinata

     • Bagian pemasaran : Iputu wira prastia dinata

     • Bagian keuangan : Iputu wira prastia dinata

3. VISI DAN MISI

     • VISI : 

Menjadikan sempol ayam sebagai makanan tradisional khas indonesia yang mampu menembus pasaran dunia.

    • MISI :  

1. Membuat sempol ayam yang memiliki aneka rasa 

2. Memasarkan sempol ayam dipasar tradisional  maupun pasar modern 

3. Mendirikan usaha wisata kuliner makanan khas indonesia

4. MANFAAT 

• Membantu dalam mengambil keputusan

• Mengatur keseluruhan sistem keuangan usaha

• Menilai kelayakan usaha

~BISNIS MODEL CANVAS~

1. CUSTOMER SEGMEN

     A. SEGMENTING 

1. Seg. Demografi

Sempol ayam kami dapat dikonsumsi dimulai dari anak - anak usia 2 tahun, remaja, hingga lansia

2. Seg. Geografi 

Produk kami bisa didapatkan secara online maupun offline, pemesanan secara online bisa lewat via wa,ig,dan fb, jika secara ofline kalian bisa langsung datang di gerai kami

3. Seg. Prilaku

Pelayanan yang dilakukan melalui online yaitu cod dan melalui ofline yaitu melayani secara langsung  melalui gerai

      B. TARGETING

Sempol ayam kami ditargetkan mulai dari anak usia 2 tahun, remaja, maupun lansia, karena sempol ayam kami dibuat mengguanakan bahan bahan yang berkualitas yang hegienis dan aman dimakan setiap hari

      C. POSITIONING

Konsumen menginginkan sempol ayam yang enak dan murah, jadi sempol yang dibuat menggunakan bahan bahan yang berkualitas, ayam yang segar dan harga yang dijual 

2. CUSTOMER RELATIONSHIP 

"Layanan untuk pelanggan"

1.COD

Cash on delivery (cod)merupakan bentuk transaksi keuangan dimana pembayaran dilakukan setelah barang diantar dan diterima oleh konsumen

2.PENGANTARAN VIA APLIKASI 

Pengantaran via aplikasi adalah layanan pengiriman barang atau paket yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang digunakan adalah grab,gojek

3. CHANEL 

Brosur usaha


Skill personal selling






"IKLAN MELALUI WA"

https://wa.me/6285792121719

Waktu tayang selasa 7 januari 2025 pukul 22.10 sampai 8.10 wita dengan jumlah viwers 66 dan jumlah like 5 dan jumlah pesenan 3


"IKLAN MELALUI TT"

tiktok.com/@wir4q

Waktu tayang selasa 7 januari 2025 pukul 22.10 sampai 8.10 wita dengan jumlah viwers 201dan jumlah like 23 dan jumlah pesenan 2

4. VALUE PROPOSITIONS

• Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas

• Harga yang terjangkau

• Aman dikonsumsi setiap hari

5. KEY ACTIVITIES

• Produk yang dihasilkan:(sempol ayam)

• Proses pemasaran:

1. ONLINE

Penjualan online lewat via whatsApp,instagram,dan tiktok

2. OFFLINE 

Dilakukan melalui penjualan langsung didepan rumah

6. KEY RESEORCES

     A. MAN

Produk ini di produksi oleh saya sendiri karena pembuatananya cukup mudah

    B. MONEY

Uang yang diperlukan untuk membuat produk ini sekitar Rp.150.000.00 dengan jumlah produk yang dihasilkan sekitar 70 mika

   C. MATERIAL

1. Dada ayam.

2. Tepung terigu

3. Tepung tapioka

4. Telur ayam

5. Minyak

6. Gas

7. Garam 

8. Kaldu ayam

9. Bawang putih bubuk

10. Merica bubuk

11. Bawang merah

12. Saos

13. Logo

14. Mika

   D. METHODE

• Taruh daging ayam yang sudah di cincang kedalam wadah,tambahkan tepung tapioka,terigu,telur,daun bawang, garam, kaldu ayam,merica bubuk, bawang putih bubuk, dan bawang merah yang sudah digoreng

• Aduk - aduk hingga bahan - bahan kalis dan menyatu

• Lumuri tangan dengan minyak sayur ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat panjang dan tusuk menggunakan tusuk sate

• Kerjakan hingga seluruh adonan habis

• Kocok telur dengan garam hingga larut

• Celupkan sempol kedalam telur kocok lalu digoreng di minyak panas dan banyak hingga kuning keemasan dan kering 

• Angkat dan tiriskan

• Kemas sempol ayam dengan saos kemudian sajikan

   E. MARKET

Produk ini ditargetkan kesemua kalangan terutama dikalangan remaja dan anak - anak. Karena mereka senang dengan produk cemilan.

7. KEY FARTNERS 

Toko dan Alfamart SMK Negeri 1 Negara

8. COST STRUCTURE 

   A. BIAYA BAHAN BAKU : Rp. 53.750,00

   B. HARGA POKOK : Rp.1.535,00

   C. HARGA JUAL : Rp.2.000,00

9. REVENUE STREAM

Layanan untuk pelanggan

Penjualan pribadi ( online dan offline)

Penjualan online lewat via whatsapp dan instagram penjualan offline dilakukan melalui penjualan langsung didepan rumah.










Komentar